Bagaimana cara melengkapi detail undangan wawancara yang ingin saya kirim kepada pelamar?

Setelah Anda memilih opsi ‘Mengundang Wawancara’ pada tahapan sebelumnya, Anda akan diminta untuk memasukkan beberapa informasi terkait detail undangan wawancara.


Langkah 1: Tentukan sesi wawancara


  1. Pilih opsi ‘Buat sesi wawancara baru’ untuk mengundang pelamar ke jadwal wawancara baru atau,

    Pilih opsi ‘Pilih sesi wawancara yang telah dijadwalkan’ untuk mengundang pelamar ke sesi wawancara yang telah Anda jadwalkan sebelumnya > Tentukan sesi yang Anda inginkan.

  • Klik ‘Selanjutnya’.

[Info Tambahan] Untuk pembuatan sesi wawancara baru, gunakan nama sesi yang belum pernah Anda buat.  Jika memilih sesi yang sudah dijadwalkan, Anda tidak dapat mengedit detailnya.

Langkah 2: Masukkan jadwal wawancara


  1. Jika Anda memilih untuk membuat sesi wawancara baru, Anda harus memasukkan detail jadwal wawancara, seperti:

  • Waktu wawancara

    Terkait penentuan tanggal wawancara, Anda hanya bisa memilih paling cepat H+1 sejak tanggal pembuatan undangan wawancara. Hal ini bertujuan agar pelamar memiliki cukup waktu untuk merespons & mempersiapkan diri.

  • Peserta wawancara

    Jika Anda mengundang beberapa pelamar sekaligus, Anda hanya dapat memilih opsi ‘Kelompok’ pada bagian ‘Peserta Wawancara’. Opsi ‘Kelompok’ memungkinkan Anda untuk menambahkan lebih banyak pelamar ke sesi ini kapan saja.

  • Tipe wawancara

    Isi alamat untuk lokasi wawancara offline atau link platform komunikasi digital (contoh: Google Meet, Skype, Zoom, dsb.) untuk wawancara online.


[Info Tambahan] Link platform wawancara online hanya bisa dilihat oleh pelamar apabila mereka telah konfirmasi untuk Hadir.


Langkah 3: Masukkan kontak & pesan rekruter


  1. Masukkan kontak Anda atau rekruter yang menjadi penanggung jawab atas sesi wawancara ini, sehingga pelamar dapat menghubunginya jika ada pertanyaan lanjutan atau kebutuhan reschedule.
  2. Tambahkan pesan tambahan yang perlu diketahui oleh pelamar, misalnya dokumen apa saja yang perlu dibawa saat wawancara, ketentuan saat menghadiri wawancara, dsb.
  3. Klik ‘Selanjutnya’.

[Info Tambahan] Pastikan kontak rekruter selalu aktif dan terhubung ke WhatsApp agar pelamar dapat menghubungi Anda secara mudah & cepat.

Langkah 4: Kirim undangan wawancara


  1. Periksa kembali undangan wawancara yang telah Anda buat, sebelum mengirimnya ke pelamar melalui aplikasi KitaLulus.
  2. Klik ‘Kirim Undangan Wawancara’.

[Info Tambahan] Tombol ‘Ajukan Reschedule’ akan dihapus apabila pelamar menyatakan ‘Tidak Hadir’ atau ‘Tidak Merespons hingga lewat dari tanggal wawancara’.

Link wawancara online hanya bisa dilihat ketika pelamar telah merespon akan hadir.

  1. Status pelamar yang terundang akan otomatis berganti ke ‘Wawancara’. Pelamar akan menerima notifikasi undangan di aplikasi KitaLulus dan bisa merespons langsung di aplikasi, serta mendapatkan info undangan melalui berbagai notifikasi lainnya.

[Info Tambahan] Setelah sukses mengirimkan undangan wawancara, Anda bisa memantau respons pelamar terhadap undangan Anda [di sini].